Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema

 16 Oktober 2022   

Program Pascasarjana Universitas Warmadewa melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Pengembangan Wisata Spiritual di Desa Ped Nusa Penida" yang bertempat di Wantilan Pura Penataran Agung Dalem Ped Minggu, 16/10/2022

Kegiatan dihadiri Direktur, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Ka. UPM PPs Unwar, Ka. Prodi, Sekretaris beserta GKM Prodi dilingkungan PPs Unwar, Mahasiswa dan Alumni.

Hadir Kelian Pura Penataran Ped Si Nyoman Sukarta beserta prajuru dan Bapak I Putu Toya

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dengan agenda pertama melakukan persembahyangan di Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Kerangkeng, Pura Puncak Mundi, Pura Paluang dan Pura Penataran Agung Dalem Ped, kegiatan kedua dilaksanakan di Wantilan Pura Penataran Agung Dalem Ped yaitu penyerahan punia, penyerahan alat-alat kebersihan, penyerahan tanaman hias dan penyerahan cairan ecoenzim.

Acara selanjutnya diskusi dan pendampingan tentang pengembangan wisata spiritual di Pura Penataran Dalem Ped sebagai narasumber lokal kelian pura yang membawakan tema tantangan yang di hadapi Pura Penataran Dalem Ped sebagai daya tarik wisata spiritual, dan Manajer Arsa Santhi Hotel dengan tema Pengembangan Wisata Spiritual Dari Perspektif Pelaku Wisata, diskusi dilanjutkan dengan pemaparan dari 7 prodi di PPs Unwar

Hari kedua tim PKM PPs Unwar meninjau Daya Tarik Wisata di Nusa Penida bagian timur yaitu Pantai Atuh, Diamond Beach, Rumah Pohon dan Raja Lima

Direktur PPs Unwar Dr. Dra. A.A Rai Sita Laksmi, M.Si menyampaikan PKM merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib dilakukan disamping dharma pendidikan dan pengajaran, serta dharma penelitian. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun.

Nusa Penida juga memiliki sumber daya pesisir berupa terumbu karang, zona rumput laut, perikanan tradisional, dan wisata bahari. Selain itu juga memiliki tempat suci/pura yang yang menjadi daya tarik wisata relegi yaitu: Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Kerangkeng, Pura Puncak Mundi, Pura Paluang dan Pura Penataran Agung Dalem Ped . Berdasarkan dengan potensi yang ada, maka PKM dengan tema “PENGEMBANGAN WISATA SPIRITUAL DI NUSA PENIDA” sangat penting dan relevan dilakukan baik bagi masyarakat maupun bagi masyarakat maupun bagi pps unwar.

Melalui kegiatan ini kami mengharapkan dapat memberikan manfaat dan makna bagi masyarakat dalam upaya mengembangkan Nusa Penida sebagai daya tarik wisata spiritual dan dapat mempercepat terwujudnya visi pascasarjana unwar yang berwawasan ekowisata.

TAGS :