Pascasajana Unwar dan BRIN Kerjasama dalam Riset Digitalisasi Naskah Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan

 23 November 2023   

Pascasajana Unwar dan BRIN Kerjasama dalam Riset Digitalisasi Naskah Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan

Dalam upaya melakukan riset kolaborasi dan pelestarian manuskrip lontar, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan, Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra.

Penandatanganan naskah kerjasama tentang Riset Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental Bersumber pada Manuskrip Lontar, Tradisi Lisan dan Budaya di Provinsi Bali ini dilakukan di Ruang 201 PPs Unwar, Kamis (23/11/23).

Implementasi kerjasama ini diawali dengan melakukan perekaman manuskrip lontar di Rumah Bapak Made Suarsana di Banjar Cengkilung, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara.

UPM PPs Unwar, Dr. Drs. I Made Mardika, M.Si., sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat berharap bisa bekerjasama dan melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan pelestarian lontar di Bali. Ia juga mengungkapkan bahwa Unwar sangat menaruh perhatian terhadap pelestarian lontar dan cerita-cerita tradisional sehingga Unwar sangat ingin bekerjasama dengan BRIN dalam rangka melestarikan dan melakukan digitalisasi sekaligus ingin mengungkapkan nilai-nilai luhur yang ada, baik itu tentang agama, pengembangan karakter , kearifan lokal yang terdapat pada lontar agar bisa di angkat ke permukaan sehingga bisa menjadi acuan agar tetap lestari.

Direktur PPs Unwar, Dr. Dra. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si., pada kesempatan ini ia memaparkan profil dan visi misi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa sebelumnya PPs Unwar juga sudah melakukan berbagai kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Balai Bahasa dan Balai Arkeologi tentang warisan budaya, kearifan lokal dan lainnya. Melalui penandatangan kerjasama antara PPs Unwar dengan BRIN ini selain melakukan riset kolaborasi dan mengungkap berbagai konsep, pemikiran, ide, pengetahuan juga diharapkan sebagai penyelamatan dan pelestarian manuskrip Lontar, tradisi lisan dan Budaya yang di Masyarakat Bali.

Kepala Pusat Riset Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan, BRIN, Dr. Sastri Sunarti, M.Hum., mengucapkan terimakasih karena telah diberi kepercayaan dan di terima sangat baik di tanah Bali, terutama kepada Universitas Warmadewa. Ia mengatakan bahwa pihaknya hadir di Bali sesuai dengan amanah dari Dewan Pengarah BRIN dalam rangka melakukan pendigitalisasian manuskrip lontar di Bali karena menurutnya Bali sangat kaya akan lontar. Melalui digitalisasi ini, diharapkan lontar-lontar ini nantinya dapat di simpan lebih lama dan akan di unggah ke website sehingga dunia bisa melihatnya. Pihaknya juga berharap kerjasama ini bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk masyarakat dan dunia pernaskahan nusantara.

TAGS :