Himpunan Mahasiswa Prodi MIL PPs Unwar Gelar The 2nd International Student Conference on Linguistics

 20 Oktober 2022   

Himpunan Mahasiswa Prodi MIL PPs Unwar Gelar The 2nd International Student Conference on Linguistics

Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Linguistik (MIL) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menyelenggarakan The 2nd International Student Conference on Linguistics di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama, Kamis (20/10/2022).

Acara ini mengangkat tema Trend and Future Perspective in The Linguistics and Language Teaching yang mendatangkan 6 keynote speaker dari 6 negara yaitu Diane Jackson dari GTTA Global Teachers & Trainer Academy Asia & Global English Consultancy Uk/Malaysia, Dr. Ricardo Villegas dari GAIN Global Academy North & Central America & Top Level English, Mexico, Jonathan E. Laia, S.Pd., dari Universitas Warmadewa, Diah Putri Widiastuti, S.S., dari Universitas Warmadewa, Ni Made Dian P. Sari, S.Pd., M.Hum., dari Universitas Udayana, dan Lin Shiyuan dari Fujian Normal University, China. Selain itu juga menghadirkan oleh 4 invited speaker diantaranya adalah Dr. Sato Hirobumi dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia, Antonio Constantino Soares, M.Hum., dari Instituto Sao Joao De Brito, Timor Leste, Gregorio Neno Abi, S.Pi., M.Hum., dari Consulate Timor Leste in Vietnam dan Dr. I Gusti Ayu Agung Dian Susanthi, SS.,M.Hum., dari Universitas Warmadewa.

Ketua Prodi MIL PPs Unwar Dr. Mirsa Umiyati, S.S.,M.Hum., mengatakan acara ini merupakan annual event bagi mahasiswa Prodi MIL yang sebelumnya sudah diselenggarakan tahun lalu. Tujuan utama kegiatan ini untuk mengasah skill dan mempraktekkan knowledge yang telah didapatkan di kelas sehingga mahasiswa siap untuk berkompetisi di ajang internasional dengan skala yang lebih besar. Ia berharap dengan membedah topik tentang Trend and Future Perspective in The Linguistics and Language Teaching mahasiswa akan mengetahui berbagai informasi terbaru tentang trend-trend dari kajian language teaching dan linguistic di masa yang akan datang sehingga penelitian mahasiswa bisa diarahkan untuk mengambil topik yang sedang trend yang prospektif di masa depan untuk karirnya.

Direktur PPs Unwar Dr. Dra. A. A. Rai Sita Laksmi, M.Si., mengatakan konferensi mahasiswa ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertemu, berdiskusi dan berbagi tentang linguistik secara internasional, sehingga mereka akan mengembangkan pengetahuan mereka tentang linguistik secara internasional. Mereka akan mendapatkan ide, wawasan, dan pemahaman baru tentang isu-isu linguistik tidak hanya di negara mereka tetapi juga di Malaysia, Amerika, Meksiko, Vietnam, Timor Leste dan juga Indonesia. Mereka juga akan mengetahui masalah-masalah dalam studi linguistik dan memahami bagaimana menyelesaikannya.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK mengatakan dengan adanya generasi muda dan teknologi yang berkembang pesat, bidang pendidikan bahasa juga mengalami perubahan yang semakin pesat. Sebagai pemangku kepentingan pendidikan perlu mengikuti tren baru studi dan pengajaran bahasa, sehingga dapat merancang pendekatan dan metode terbaik untuk mahasiswa. Dengan pendekatan pembelajaran sekarang menjadi lebih berpusat pada mahasiswa, kita ditantang untuk mencari metode yang lebih kreatif dan menarik untuk melaksanakan tugas, kita juga perlu memasukkan teknologi dalam pembelajaran bahasa. Pada konferensi ini, akan membahas tren perubahan ini dan perspektif masa depan. Ia berharap konferensi ini dapat memberi pencerahan tentang tren saat ini dan masa depan dalam studi dan pengajaran bahasa, dan juga memberikan ruang bagi kita untuk berbagi beberapa kisah sukses.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan topik konferensi ini sangat menarik untuk dibahas karena studi bahasa dan pengajaran bahasa masih menjadi masalah di negara kita, terutama untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing. Ia berharap konferensi ini akan menghasilkan rekomendasi akademis untuk memecahkan masalah tentang penguasaan bahasa asing sebagai sarana komunikasi global. Ia juga berharap konferensi ini berjalan dengan sukses dan dapat berkelanjutan untuk memperluas wawasan internasional kita untuk membawa Warmadewa berdaya saing global di tahun 2034.

TAGS :