Hadirkan Guru Besar University Pompeu Fabra, Pascasarjana Unwar Gelar Kuliah Umum Internasional, Bahas Tren Globalisasi 50 Tahun ke Depan

 16 Mei 2024   

Hadirkan Guru Besar University Pompeu Fabra, Pascasarjana Unwar Gelar Kuliah Umum Internasional, Bahas Tren Globalisasi 50 Tahun ke Depan

Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan Kuliah Umum Internasional yang menghadirkan Prof. Josep Bertran, Guru Besar dari University Pompeu Fabra, Barcelona, Spanyol. Acara ini diadakan pada Kamis (16/5/2024) di Ruang Jayasingha Mandapa Fakultas Hukum Unwar dengan tema “Globalization Trends in the Next Fifty Years.” Dimoderatori oleh akademisi Unwar Dr. Ni Luh Putu Indiani, SE.,MM.

Dekan Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, SH., M.Hum, mengungkapkan bahwa Prof. Josep Bertran adalah seorang pakar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi internasional. "Kuliah Umum Internasional ini merupakan wujud implementasi visi dan misi Fakultas Pascasarjana, yakni berdaya saing global, khususnya di Asia Tenggara," jelasnya. Prof. Mahendrawati menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengembangan ilmu kepada seluruh dosen dan mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3.

Dalam paparannya, Prof. Bertran menekankan pentingnya ekonomi pasar terbuka dalam era globalisasi. Ia menjelaskan bahwa perdagangan bebas harus menjadi panduan utama, dengan pemerintah diminta untuk tidak terlalu campur tangan agar pasar dapat berfungsi secara optimal. "Saya mendorong semua yang hadir untuk melanjutkan proses ekonomi pasar terbuka," ujarnya.

Pesan kedua dari Prof. Bertran adalah pentingnya peredaran uang dan kapital dalam ekonomi global. "Menjadi pengusaha internasional adalah langkah yang bijak," tambahnya.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan kuliah umum ini. "Kegiatan ini luar biasa karena mendatangkan pakar dari Spanyol yang membahas tren global beberapa tahun ke depan. Ini sangat sesuai dengan visi Unwar untuk Go Global di tahun 2034," tuturnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si, juga memberikan apresiasi terhadap acara ini. Menurutnya, globalisasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan menuntut kolaborasi antar perguruan tinggi di seluruh dunia.

 

"Melalui kuliah umum ini, saya berharap kita dapat membuka pikiran dan wawasan untuk berdiskusi tentang peluang dan kerjasama global," ujarnya.

Acara kuliah umum internasional ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh civitas akademika Unwar dan mendorong mereka untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menghadapi tantangan globalisasi di masa depan.

TAGS :