• Selamat Datang di Website Resmi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : pascasarjana.unwar@yahoo.co.id, Telp. 081547397113

Puncak HUT Ke-7 Pascasarjana Unwar Menyelenggarakan Seminar Nasional Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali

  • 31 Mei 2019
  • 180 Pengunjung
Puncak HUT Ke-7 Pascasarjana Unwar Menyelenggarakan Seminar Nasional Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali
Puncak HUT Ke-7 PPs Unwar 
Seminar Nasional "Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali" 
 
Merayakan Puncak HUT ke-7, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menggelar Seminar Nasional "Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali" di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar pada Jumat, 31 Mei 2019. Seminar Nasional ini menghadirkan Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, NW. Giri Adnyani sebagai Keynote Speaker.
 
Selain itu, dihadirkan juga sejumlah narasumber. Diantaranya Prof. Dr. I Gde Pitana, M.Sc. (Staf Ahli Kemenpar RI), Dr. Ir. Azwar Abubakar, MM. (Menpar RB 2013-2016), Dr. Nyoman Sukma Arida, M.Par. (Dosen Pariwisata Unud), dan 5 narasumber internal dari masing-masing Kaprodi di PPs Unwar.
 
Puncak Perayaan HUT ke-7 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P., yang dihadiri Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., beserta para wakil rektor, para Dekan dilingkungan Unwar, dan seluruh civitas akademika PPs Unwar. Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatangan MoU antara Unwar dengan Kementerian Pariwisata RI. Sebelumnya, serangkaian HUT ke-7 PPs Unwar juga telah dilakukan berbagai kegiatan. Seperti, Jalan Santai dengan berbagai perlombaannya dan berkunjung ke Panti Sosial.
 
Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P., mengaku bersyukur atas capaian yang baik PPs Unwar dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama 7 tahun terakhir. Bahkan, capaian tersebut telah diapresiasi oleh masyarakat, sehingga terwujudnya proses pembelajaran berbasis ekowisata. Okeh karena itu, Seminar Nasional kali ini mengangkat  tema "Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali". Tujuannya untuk mewujudkan program dan visi PPs Unwar yang berbasis Ekowisata. Sehingga, kurikulum berbasis ekowisata bisa diwujudkan dan dikembangkan di masing-masing Prodi. Dengan harapan hal tersebut bisa menjadi ciri dan karakteristik masing-masing Prodi S2 di PPs Unwar. 
 
Saat ini, dikatakan, PPs Unwar telah mengembangkan 5 Prodi, diantaranya Prodi Magister Administrasi Publik (MAP), Prodi Magister Kenotariatan (MKN), Prodi Magister Manajemen (MM), Prodi Magister Ilmu Hukum (MIH), dan Prodi (Magister Ilmu Linguistik (MIL). "Ke depan, program pascasarjana dengan lima prodinya akan terwujud karakter ekowisata. Sehingga minat stakeholder untuk melanjutkan studinya S2-nya di PPs Unwar meningkat,"ujar Prof. Suranaya Pandit. 
 
Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan diangkatnya tema "Strategi Pengembangan Ekowisata untuk Bali" sejatinya untuk mendukung visi Unwar yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan mampu bersaing global pada tahun 2034. Sebab, sistem kepariwisataan yang disebut pariwisata konvensional dengan mess tourism memiliki banyak kekurangan. Salah satunya menyebabkan degradasi, bahkan destruktif terhadap lingkungan (lingkungan sosial, budaya, sosial, ekonomi, fisik biologis). 
 
Oleh karena itu, Unwar mempunyai orientasi baru menuju ke arah pariwisata alternatif, yaitu ekowisata dengan prinsip koservasi alam yang mencakup aspek kehidupan, pemberdayaan partisipasi masyarakat, dan pusat pendidikan bagi orang-orang lokal maupun para wisatawan. "Seminar kali ini bisa memberikan paling tidak pemahaman kepada kita tentang kepariwisataan secara umum maupun secara spesifik, yang nanti bisa untuk melengkapi kurikulum prodi ekowisata yang segera kita akan kembangkan. Mudah-mudahan tahun ini atau paling lama tahun depan prodi ekowisata yang ada di fakultas sastra bisa direalisasikan,"tegas Prof. Widjana.
  • 31 Mei 2019
  • 180 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya