• Selamat Datang di Website Resmi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : pascasarjana.unwar@yahoo.co.id, Telp. 081547397113

Kuliah Umum Pascasarjana Unwar \"Prospek Ekowisata Bali: Peluang dan Tantangan\"

  • 30 Januari 2019
  • 167 Pengunjung
Kuliah Umum Pascasarjana Unwar \

Dalam rangka menyempurnakan visi dan misi Universitas Warmadewa menuju visi misi Ekowisata, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menggelar Kuliah Umum dengan tema "Prospek Ekowisata Bali: Peluang dan Tantangan" di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Rabu 23 Januari 2019. Kuliah umum ini menghadirkan 2 pakar pariwisata, yaitu Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI, Prof. I Gde Pitana, M.Sc., dan Ketua Dewan Pembina Asita Bali, Bagus Sudibya yang dimoderatori Kaprodi Magister Administrasi Publik PPs Unwar, Dr. Drs. A.A. Gede Raka, M.Si.

Kuliah umum dibuka langsung oleh Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. Gde Suranaya Pandit, MP., yang dihadiri Sekretaris PPs Unwar, Kaprodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan PPs Unwar, serta seluruh dosen dan mahasiswa semester I dan 3 PPs Unwar.

Ketua Panitia, Dr. Drs. A.A. Gede Raka, M.Si., mengatakan Kuliah Umum yang digelar merupakan langkah awal untuk menyempurnakan visi misi Unwar yang semulanya berwawasan lingkungan pariwisata menuju visi misi ekowisata yang lebih menekankan pariwisata ke lingkungan. Dengan menghadirkan 2 narasumber yang ahli dibidang kepariwisataan, maka diharapkan adanya masukan-masukan tentang bagaimana prospek ekowisata Bali ke depannya, sekaligus solusi tentang penyempurnaan visi dan misi Unwar kedepannya.

"Bagiamanpun juga pariwisata Bali sekarang banyak bersifat pilihan yang kembali kepada culture dan kembali ke alam tanpa mengabaikan budaya, sehingga lebih menekankan pada keterlibatan masyarakat yang lebih banyak ke dalam kegiatan kepariwisataan itu. Sehingga pariwisata itu betul-betul dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,"tandas Gede Raka.

Direktur PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan kuliah umum kali ini PPs Unwar sengaja mendatangkan narasumber ahli dibidang pariwisata untuk menyerap informasi tentang perkembangan ekowisata di Bali sebagai bahan tambahan untuk mahasiswa dalam rangka menyamakan visi dan misi Unwar menuju visi dan misi Ekowisata. Sebab, ekowisata akan manjadi leading sector dan kunci identitas Unwar ke depannya.

"Kami sangat berharap mendapat masukan dari 2 narasumber ahli pariwisata ini tentang perkembangan ekowisata di Bali, sehingga dapat dikaitkan dengan program studi yang ada di Warmadewa, khususnya di Pascasarjana Unwar. Seperti Prodi Magister Ilmu Hukum, hukum-hukum apa saja yang nantinya berkaitan dengan perkembangan pariwisata di Bali, bagitu juga dengan prodi-prodi lainnya. Sehingga, Bali menjadi tujuan pariwisata ke depan sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat Bali pada umumnya,"ujar Prof. Pandit.

Sementara itu, Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI, Prof. I Gde Pitana, M.Sc., mengapresiasi langkah yang dilakukan Unwar dengan menyempurnakan visi misinya menuju Ekowisata. Bahkan, Unwar dikatakan sangat cerdas melihat peluang ke depan. Sebab, ekowisata trennya terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan kaum milenial yang mengutaman eksperimen, ingin bebas, dan senang adventure. Sehingga, pariwisata yang bersifat "Mise Market" akan berkembang yang didukung dengan keinginan-keinginan para kaum milenial. "Sangat tepat kalau Universitas Warmadewa menjadikan ekowisata menjadi salah satu visi misinya ke depan,"pungkas Prof. Pitana.

  • 30 Januari 2019
  • 167 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya