• Selamat Datang di Website Resmi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : pascasarjana.unwar@yahoo.co.id, Telp. 081547397113

Prodi Magister Sains Pertanian Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menyelenggarakan "Acara Penutupan Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Strategi Pemasaran VCO Kelompok Wanita Tani Desa Pangsan, Petang Badung"

  • 13 Oktober 2021
  • 19 Pengunjung
Prodi Magister Sains Pertanian Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menyelenggarakan
Prodi Magister Sains Pertanian Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menyelenggarakan "Acara Penutupan Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Strategi Pemasaran VCO Kelompok Wanita Tani Desa Pangsan, Petang Badung" pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 di Balai Desa Pangsan, Petang Badung. 
 
Acara penutupan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Unwar, Sekretaris LPM Unwar, Kaprodi dan Sekprodi MSP Pascasarjana Unwar, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Badung,  Dinas Penamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Badung,  Dinas Perindustrian Kab. Badung, Dinas Koperasi dan UMKM, Perbekel Desa Pangsan, Tim PkM MSP Pascasarjana Unwar, Ketua BPD Pangsan, Ketua Penggerak PKK Desa Pangsan, Yayasan Kopernik Bali, dan Kelompok Wanita Tani Desa Pangsan. 
 
Kaprodi Magister Sains Pertenakan, Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P., dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan kemasan produk dan strategi pemasaran VCO bagi kelompok wanita tani Desa Pangsan ini berkerjasama dengan Yayasan Kopernik. Dalam pelatihan ini Tim Pengabdian bersama Yayasan Kopernik telah memberikan pelatihan dan pendampingan setiap 2 minggu. Dalam pelatihan ini banyak kemajuan yang didapatkan oleh Kelompok Wanita Tani khusunya dalam sistem pemasaran produk. Ini nantinya diharapakan mampu meningkatkan nilai ekonomis produk demi kesejahteraan masyarakat. Dalam pelatihan ini masih ada beberapa kendala khusunya untuk ijin produk dari pemerintah. Tim pengabdian saat ini sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan ijin produk dan harapannya bisa cepat mendapatkan ijin produk. 
 
Yayasan Kopernik, Ibu Nanda Riska dalam sambutannya menyampaikan Kerjasama Prodi MSP Pascasarjana Unwar dengan Yayasan Kopernik dalam pelatihan pembuatan kemasan produk dan strategi pemasaran VCO di Desa Pangsan. Penutupan kegiatan ini bukan menjadi akhir dari kegiatan pelatihan ini, kelompok wanita tani nantinya agar terus meningkatkan kemampuan dan strategi-strategi dalam meningkatkan pemasaran dan kualitas produk. Branding dan logo yang dihasilkan telah lengkap informasi dan kemasan yang menarik. Keberlanjutan dengan komitmen yang serius dari seluruh masyarakat desa harus tetap dijaga sehingga mampu terus berkarya. 
 
Kepala Desa Pangsan yang diwakili oleh Sekretaris Desa, I Gusti Ngurah Made Bawa menyampaikan bahwa kegiatan Kerjasama Prodi MSP Pascasarjana dan Yayasan Kopernik ini sangat memberika manfaat bagi kelompok wanita tani Desa Pangsan. Penutupan ini agar tidak menjadi sebuah akhir dari program. Kami pihak desa selalu memerlukan bantuan serta petunjuk-petunjuk demi kemajuan desa ini.  Selama pendampingan dari kopernik, banyak kemajuan khusunya dalam kemasan sehingga memberikan penampilan menarik produk VCO masyarakat Desa Pangsan. Kami juga berharap agar ijin produk ini bisa cepat terrealisasi, sehingga Desa Pangsan ini memiliki produk unggulan dan menjadi ikon Desa Pangsan. Dengan kerjasama ini nantinya agar ada program-program baru yang dikembangkan di Desa Pangsan dan selalu mendapatkan pendampingan khusunya dari Unwar. 
 
Direktur Pascasarjana Unwar, Dr. Dra. A. A. Rai Sita Laksmi, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Pangsan ini merupakan salah satu destinasi desa wisata di Kab. Badung dengan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki. Mulai dari kawasan wisata, budaya, dan alam. Apresiasi yang tinggi diberikan atas kegiatan pengabdian dari Prodi MSP Pascasarjana Unwar bersama Yayasan Kopernik dalam pelatihan pembuatan kemasan san strategi pemasaran produk VCO. Ini menjadi penting dilakukan untuk mengembangkan sumber daya alam di Desa Pangsan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Pangsan. Pemilihan lokasi dan program di desa ini sesuai dengan Visi Misi Unwar dan Pascasarjana dalam  ekowisata. Produk VCO ini juga mamang memerlukan sentuhan teknologi dalam kemasan dan pemasaran, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dan daya tarik untuk konsumen. Harapannya VCO ini lebih dikenal dan mampu memberikan manfaat khusunya dalam pemberdayaan masyarakat Desa Pangsan. Untuk kelompok wanita tani Desa Pangsan ini agar terus berkreasi serta mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki nikai ekonomis. 
 
Dalam acara penutupan tersebut disampaikan juga beberapa point-point dalam pelatihan serta strategi-strategi dalam meningkatkan pemasaran produk oleh Yayasan Kopernik Bali.
  • 13 Oktober 2021
  • 19 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya