• Selamat Datang di Website Resmi Program Pascasarjana Universitas Warmadewa. Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : pascasarjana.unwar@yahoo.co.id, Telp. 081547397113

PPs-Unwar Gelar International Conference "Tourism Strategy in New Normal Era"

  • 18 Desember 2020
  • 78 Pengunjung
PPs-Unwar Gelar International Conference
PPs-Unwar Gelar International Conference
Tourism Strategy in New Normal Era
 
Sektor pariwisata Bali paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Hampir 10 bulan lebih, kegiatan pariwisata Bali mati suri. Kendati demikian, pemerintah terus berupaya membangkitkan kembali pariwisata di tengah pandemi. Berbagai strategi pun dilakukan, sembari mempersiapkan jenis pariwisata apa yang akan dikembangkan pasca pandemi Covid-19.
 
Melihat kondisi dan upaya strategi tersebut, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) merespons cepat melalui Internasional Conference Of Social Science, Kamis (17/12). International Conference yang digelar secara daring (online) ini mengusung tema "Tourism Strategy in New Normal Era". Tujuannya, memberikan masukan secara ilmiah kepada pemerintah, jenis dan model pariwisata apa yang paling strategis dikembangkan di dalam kehidupan era new normal. Sehingga, pariwisata Bali tetap tumbuh dan berkembang dalam situasi apapun.
 
Narasumber yang dihadirkan, yaitu Prof. Chung, Tsair Wang (Department of Chemical Engineering, CYCU Thaiwan), Dr. Sharina BT Osman (Head Tourism Section, Universiti Kuala Lumpur, Business School, Malaysia), Dr. Augusto da C. Saores (Rektor of IOB, Timor Leste), dan I.B. Agung Partha Adnyana (Chairman Bali Tourism Board), serta dimoderatori oleh Drs. I Ketut Putra Erawan, MA.,P.hD. (Universitas Udayana).
 
Ketua Panitia, Dr. I Nyoman Suyatna, SH.,MH., mengatakan pariwisata Bali harus tetap berkembang dalam situasi apapun, termasuk gempuran pandemi Covid-19 saat ini. Oleh karena itu, pola pariwisata Bali yang dikembangkan harus benar-benar tangguh dalam menghadapi situasi apapun dengan ekosistem pariwisata berkelanjutan. Oleh karenanya, pola dan ekosistem pariwisata yang dikembangkan tersebut harus dikaji secara ilmiah dan komprehensif. "Di sinilah peran kami sebagai akademisi Program Pascasarjana Unwar untuk membahas strategi pariwisata dalam tatanan kehidupan normal baru ini. Kami ingin pariwisata Bali yang dikembangkan ke depannya mampu bertahan dan eksis dalam situasi apapun,"tandas Suyatna.
 
Direktur PPs Unwar, Dr. Dra. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si., berharap melalui International Conference ini tercetus pemikiran dan masukan-masukan dari negara-negara tetangga terkait strategi membangkitkan kembali pariwisata Bali akibat dampak pandemi Covid-19. Sehingga, lahir ekosistem pariwisata Bali yang paling tepat dikembangkan yang tangguh terhadap situasi dan kondisi apapun ke depannya. Dengan harapan, pariwisata Bali yang menjadi lokomotif ekonomi Bali tetap tumbuh, berkembang, dan eksis dalam situasi apapun.
 
Moderator Putra Erawan, menjelaskan ada 3 strategi yang bisa dilakukan agar pariwisata Bali tetap hidup dan berkembang di tengah pandemi Covid-19. Yaitu, merespon segala implikasi pandemi Covid-19, membangkitkan semua elemen pariwisata, dan bertahan dalam gempuran situasi dan kondisi apapun. Apabila, ketiga strategi ini bisa dilakukan, maka akan memunculkan ekosistem pariwisata baru yang lebih tangguh dalam situasi apapun.
  • 18 Desember 2020
  • 78 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya